Rabu, 25 Januari 2017

Makanan Sehat Ini Bisa Berubah Jadi Racun


Kita semua tahu, jika melahap langsung sekotak cokelat bisa berbahaya bagi kesehatan. Tapi, bagaimana jika kita datang pada makanan sehat, apakah mengonsumsinya secara berlebihan akan membuat tubuh semakin sehat?

Jawabannya tidak semua makanan sehat baik jika dikonsumsi secara berlebihan. Dilansir oleh lamanMedical Daily, ada beberapa makanan sehat yang justru beracun jika dikonsumsi secara berlebihan.
Pertama adalah sayuran hijau seperti bayam, kangkung, atau sawi hijau. Ternyata sayuran yang kaya akan vitamin C, A, zat besi, dan asam folat ini juga mengandung asam oksalat yang mempengaruhi warna daun pada sayuran hijau ini.
Kabar buruknya, asam oksalat yang menumpuk berlebihan di dalam tubuh dapat menyebabkan risiko batu ginjal, sakit perut, tekanan darah rendah, kejang hingga nadi lemah.
Bahkan, pada konsumsi 25 gram asam oksalat atau setara dengan 3,5 kilogram bayam bisa menyebabkan kematian.
Makanan sehat lain yang juga sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan adalah tuna kaleng. Tuna diketahui mengandung jumlah merkuri paling banyak dibandingkan jenis ikan lainnya.
Efek dari mengonsumsi tuna berlebihan bisa mempengaruhi kondisi penglihatan, pendengaran, kemampuan bicara, koordinasi tubuh dan lemah otot. Untuk mencegah risiko ini batasi konsumsi tuna kaleng sekitar 3-5 kaleng seminggu. (Medical Daily)


EmoticonEmoticon