Rabu, 25 Januari 2017

Cara Mengatasi Burung Kegemukan

salah satu masalah yang kerap dirasakan oleh sobat kicau selain dari burung kesayangan yang mengalalmi macet bunyi, ada lagi masalah yang sering terjadi misalnya burungnya kegemukan. Selain kurang indah dipandang, kondisi burung kegemukan juga menjadi masalah bagi burung itu sendiri. Selain malas bunyi, burung cenderung lebih banyak diam alias tidak gesit atau lincah dalam bergerak.
Kegemukan pada burung dapat berlangsung lantaran banyak aspek, sebagian salah satunya lantaran baru usai mabung, kurang jemur, sangat banyak makan jangkrik atau ulat hongkong, serta telur. Kegemukan dapat berlangsung pada semuanya burung seperti kacer, murai batu, cendet, cucak ijo, kenari, love bird, dsb.
Dampak kegemukan pada burung bisa bikin burung jadi kurang rajin berbunyi, lesu, serta bahkan juga kurang enak dilihat. Burung dengan berat tubuh berlebihan juga kurang licah serta kadang waktu jadi galak. Karena itu, kegemukan pada burung mesti diatasi dengan selekasnya. Mengenai langkahnya, tiap-tiap burung tidak selamanya sama lantaran tiap-tiap spesies burung memiliki ciri-ciri serta rutinitas yang tidak sama yang sangat mungkin penangan kegemukannya juga tidak sama. Karenanya, di bawah ini yaitu 3 langkah efisien yang perlu Anda kerjakan untuk menangani burung yang kegemukan.
Burung gemuk condong jadi makin gemuk. Sebab, seperti manusia, jadi makin gemuk orang, umumnya makin mudah lapar. Selera makan jadi tambah untuk penuhi keperluan kalori badan. Kecukupan kalori dihitung dari berat tubuh juga. Orang gemuk memerlukan semakin banyak kalori.
Nah bila burung Anda gemuk, umumnya dia bakal jadi tambah gemuk serta lantaran sangat banyak makan, dia juga jadi malas bunyi. Atau bila telah kekenyangan, dia bakal terkantuk-kantuk tidur. Bangun lagi saat berasa sedikit lapar. Makan lagi. Terkantuk-kantuk lagi, tidur serta makan lagi, demikian selalu.

Kapan umumnya burung jadi gemuk?

1. Sesudah ngurak atau mabung – Burung mabung umumnya kurang melakukan aktivitas serta ketika yang sama cuma makan terus-terusan. Parahnya lagi bila sepanjang masa mabung banyak digelontor pakan yang memiliki kandungan karbohidrat. Karenanya, supaya burung Anda “sukses” mabung dengan kata lain Selesai mabung, kualitas burung tetap terjaga dan bahkan bertambah semakin joss.

2. Saat Anda tak menghiraukan langkah serta menu pemberian makan – Batasi pakan burung terutama yang banyak terkandung karbohidrat. Untuk rujukan permasalahan ini, silahkan Anda buka kembali rujukan yang telah saya catat : Supaya selalu gacor stop pakan sebelum burung kenyang.
Bagaimana bila burung telah telanjur kegemukan? Simak sampai tuntas postingan kali ini sobat.

Cara Mengatasi Burung Kegemukan

1. Batasi pemberian voer atau biji-bijian untuk burung pemakan biji – Untuk burung pemakan voer namun juga kerap di beri ekstra fooding (EF) kroto atau jangkrik, jadi batasi saja voernya hingga sesendok teh satu hari serta kurangi atau stop pemberian jangkrik serta cuma diberikan satu ekor sejumlah sekali dalam tiga hari. Kerjakan sepanjang dua minggu.
Untuk burung pemakan biji, kenari umpamanya, berikanlah bijian cuma sekitaran 1/2 sendok teh serta sebagai ubah, memperbanyak pemberian buah mentimun atau sayuran. Untuk mentimbun, iris saja dengan cara memanjang satu buah mentimun serta berikanlah separuh sisi sebagai ekstra fooding. Kerjakan sepanjang sepekan hingga dua minggu.
2. Tritmen banyak mandi – Ketika burung dimandikan sampai basah kuyup, pada awalnya mungkin akan terlihat menggigil. Keadaan tersebut membuat burung harus banyak bergerak utnuk meningkatkan suhu tubuhnya. Biasanya burung akan mengibas-ngibaskan bulu-bulunya sambil berjemur dibawah terik matahari.
3. Banyak jemur – Ada 2 pendapat tentang tujuan menjemur burung. Pendapat yang pertama adalah bahwa dengan menjemur burung, maka lemak ditubuhnya akan terbakar sehingga burung bis lebih cepat menurunkan berat badannya. Ke-2 yaitu tujuan menjemur burung agar burung lebih cepat merasa haus. Jadi burung lebih memilih minum dan tidak banyak makan. Karena jika burung banyak makan, berat tubuhnya akan semakin meningkat dan burung semakin gemuk.
4. Olahraga diumbaran –  Olahraga diumbaran akan memaksa burung lebih banyak bergerak bahkan disiksa seperti militer sampai ngosngosan. Secara logika, banyak gerak berarti banyak membakar lemak. Burung yang banyak olahraga biasanya memiliki fostu tubuh yang atletis. Jauh berbeda dengan burung yang jarang atau bahkan tak pernah olahraga diumbaran yang memiliki fostur tubuh gemuk, cenderung membulat tak enak dipandang. 
5. Terapi sauna – Terapi ini bisa dibilang terapi ekstream. Dimanan burung dipaksa berkeringat dengan cara dijemur dibaah terik matahari dalam keadaan dikerodong. Terapi ini tidak dianjurkan untuk burung yang kondisinya kurng fit, sebab berhubungan dengan kekuatan kekebalan tubuhnya. Selama menjalankan terapi sauna, sebaiknya burung tetap sambil dipantau. Jika burung sudah terlihat lemas atau mangap, sebaiknya terapi segera dihentikan dan lakukan keesokan harinya.
Itulah 5 tips atau cara mengatasi burung kegemukan. Yang perlu diperhatikan adalah kesehatan burung dan treatment yang aman bagi burung yang mengalami kegemukan. Terimakasih sudah menyimak.


EmoticonEmoticon