Senin, 20 Februari 2017

INI DIA SERBA-SERBI PAYUDARA YANG HARUS KITA PELAJARI SEDARI DINI

Payudara adalah bagian dari tubuh cewek yang sangat berharga. Maka dari itu kita harus mengenalnya lebih baik. Hayo, ada berapa orang di antara kita yang melakukan perawatan terhadap payudara selama ini? mungkin ada yang bingung juga ya gimana rawatnya? Wah, padahal payudara itu perlu banget dirawat, bukan karena untuk keindahan aja, tapi juga untuk kesehatan.

KENAPA TERBENTUK PAYUDARA?
Payudara terdiri dari kumpulan kelenjar dan jaringan lemak yang terletak di antara kulit dan tulang dada. Kelenjar di dalam payudara itu akan menghasilkan susu setelah seorang wanita punya baby. Kelenjar-kelenjar susu itu disebut lobule yang membentuk lobe atau kantung penghasil susu. Pada setiap payudara terdapat sekitar 15-20 kantung penghasil susu, yang dihubungkan dengan saluran susu yang terkumpul di dalam puting. Sisa bagian dalam payudara terdiri dari jaringan lemak dan jaringan berserat yang saling berhubungan, yang mengikat payudara sehingga mempengaruhi bentuk dan ukurannya. Jadi bisa dibilang, payudara terbentuk karena wanita emang dirancang untuk menyusui bayinya.

CHECK OUT YOUR BREAST


As a part of our body, payudara nggak lepas dari yang namanya penyakit. Ada beberapa penyakit yang bisa menyerang payudara, dan biasanya terjadi pada wanita yang sudah menikah atau hamil. Walaupun begitu, kita-kita yang masih muda ini juga punya resiko terkena penyakit yang menyerang payudara. Salah satunya, yang paling menakutkan adalah kanker payudara. But don’t worry, karena kita bisa mendeteksi kanker payudara sejak dini. Yaitu dengan memeriksa payudara kita sendiri, yang biasa disebut dengan SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri).

Tindakan ini sangat penting lho, girls.. mengingat hampir 85% benjolan di payudara ditemukan oleh penderitanya sendiri. Untuk pemeriksaan, kita yang berumur di atas 20 tahun dapat melakukannya setiap tiga bulan sekali (tidak menutupi kemungkinan buat kita yang berumur di bawah 20 tahun, buat jaga-jaga). SADARI sebaiknya dilakukan setelah haid, karena kalo saat menjelang haid, kelenjar-kelenjar payudara akan membengkak dan bisa mengacaukan pemeriksaan kita. kalau kita sampe menemukan benjolan pada saat menjelang haid, nggak usah panik, karena hal itu terjadi oleh hormon yang sedang tidak seimbang.

SADARI
Ini adalah langkah-langkah untuk melakukan SADARI
  1. Berdirilah di depan kaca dengan tangan lurus ke bawah. And then, perhatikan payudara kita. apakah ada benjolah, cekungan (seperti lesung pipit) atau perubahan bentuk maupun ukuran.
  2. Tekan kedua tangan kuat-kuat pada pinggul dan gerakkan kedua lengan dan siku ke depan sambil angkat bahu. Dengan posisi ini, perubahan seperti cekungan dan benjolan lebih mudah terlihat.
  3. Angkat lengan kiri kita, dan rabalah payudara kiri dengan tiga ujung jari tengan tangan kanan. Perabaan itu bisa dilakukan dengan cara:
  • Gerakan dari atas kebawah atau sebaliknya.
  • Gerakan dari bagian tengah keluar. Lakukan cara ini bergantian dengan payudara lainnya.
  • Tekan perlahan daerah di sekitar puting. Perhatikan jika keluar cairan yang tidak normal.

PERAWATAN PAYUDARA
1. Massage atau pemijatan. Pemijatan sangat baik untuk mengencangkan dan memperlancar peredaran darah di sekitar payudara.

2. Banyak makan sayuran dan serat. Brokoli, kol, bok choy, kangkung dan bayam sangat baik untuk kesehatan payudara.

3. Konsumsi ikan dan produk yang mengandung kedelai. Kandungan ikan laut seperti tuna, salmon, dan sarden mengandung minyak Omega 3 yang bisa mencegah munculnya kanker payudara. Sedangkan kedelai mengandung genistein, sebuah estrogen alami yang juga dapat mencegah tumbuhnya kanker.

4. Olah raga secara teratur. Obesitas dapat meningkatkan resiko terkena kanker payudara lho! Dengan rajin berolah raga, selain sehat, payudara kita juga akan tetap kencang. Kita bisa lakukan senam payudara, senam pernafasan, atau push-up untuk menambah ketebalan otot dada.

5. Gunakan bra yang tepat. Bra yang tepat adalah bra yang dapat mengurangi beban dan ketegangan di bagian bahu dan punggung, sekaligus menjaga agar payudara tidak turun. Yang harus diperhatiin:
  • Pilihlah bahan yang menyerap keringat dan lembut di kulit.
  • Pakai sport bra pada saat berolah raga.
  • Pilih ukuran yang tepat (jangan kekecilan maupun kegedean).
6. Stop smoking!Sebuah penelitian di Amerika menyebutkan bahwa cewek yang saat remaja ngerokok, di masa depannya lebih beresiko terkena kanker payudara! Nah, daripada di masa tua nanti sengsara, lebih baik nggak usah ngerokok di masa muda.


EmoticonEmoticon