Rabu, 22 Maret 2017

Modus Penipuan Beli Barang Online Via e-Cash!

Hati-hati jika Anda hendak membeli atau menjual barang, karena modus penipuan kini semakin beragam. Seperti diceritakan salah satu warga Kota Cimahi, Tjetje Djumhana yang hampir menjadi korban penipuan lewat sistem transfer uang via bank.

Tjetje saat itu sedang mengiklankan barang miliknya di sebuah situs iklan baris yang dapat menjual barang secara daring (online). Dirinya mengiklankan sebuah sepatu, kemudian ada orang berminat membeli produknya.

Ia menuturkan, si pelaku berkomunikasi via pesan singkat, lalu menyepakati harga barang. Setelah itu Tjetje memberikan nomor rekening miliknya. Namun, setelah pelaku mengirim foto bukti transfer menggunakan elektronik pembayaran e-Cash Mandiri, ia mulai curiga.

"Saya curiga setelah dia (pelaku) memberi bukti transfer via e-Cash Mandiri, karena saya pernah juga hampir kena tipu dengan sistem transfer ini. Yaudah saya tanya-tanya lagi dia, terus minta dikirimkan foto KTP punya dia sebagai bukti bukan penipu, tapi dia tidak memberi dengan berbagai alasan," tutur Tjetje kepada PRFM, Senin (20/3/2017).

Kemudian, ia malah dituduh balik oleh pelaku dengan disebut sebagai penipu. Tjetje dengan berani menegaskan, membuktikan bukan penipu dan mengajak bertransaksi langsung di kantor polisi.

"Saya ancam dia untuk ketemuan di kantor polisi, tapi dia malah tidak mau, saya semakin curiga, setelah itu saya tanya balik identitas dia sebenarnya darimana, tapi tetap tidak mau jawab. Sudah saja tidak berkomunikasi lagi dengan dia," sambungnya.

Tjetje yakin hal ini adalah modus penipuan yang pernah dialami sebelumnya. Pada Desember 2016 lalu ia juga mengiklankan barangnya di internet, dan saat ada yang berminat, orang tersebut meminta pembayaran via e-Cash Mandiri.

"Waktu yang pertama itu saya belum mengerti e-Cash itu apa, ya saya ikutin aja kata dia, tapi mulai curiga saat dia minta saya pergi ke ATM. Saya tidak mau karena sudah malam, tapi dia ngotot, karena khawatir saya batalkan saja transaksi itu," ungkapnya.

Esok harinya, Tjetje mendatangi kantor bank Mandiri dan mencetak transaksi di buku tabungan supaya terlihat apakah ada transaksi masuk atau tidak dari si pelaku.

"Ternyata tidak ada uang masuk ke rekening saya, saya tanya ke teller bank terkait transaksi via e-Cash, teller meminta saya untuk berhati-hati karena memang banyak modus penipuan seperti itu, banyak juga yang sudah mengeluh ke bank," jelasnya.

Beruntung barang miliknya belum sempat dikirim ke alamat tujuan. Ia sangat geram karena banyak sekali korban penipuan bermodus e-cash Mandiri. Bagi Anda, lebih cermat lagi saat jual atau beli barang online, sebaiknya Anda meminta identitas lengkap orang tersebut, bahkan lebih baik transaksi dengan bertemu tatap muka di tempat ramai.


EmoticonEmoticon